Riset Terapi Gelombang Otak & Terapi Musik

Salah satu hal yang menjadi keistimewaan atas semua produk dan layanan terapi gelombang otak dari Dewantara Brainwork, yaitu setiap produk yang dihasilkan pasti sudah melewati proses penelitian yang panjang dan juga lolos uji kelayakan serta tahap uji coba, tujuannya yaitu untuk menjaga kualitas dan manfaat dari setiap produk yang dihasilkan. Sehingga ketika Anda menggunakan salah satu produk terapi gelombang otak dan terapi musik dari Dewantara Brainwork, Anda dapat merasakan manfaatnya dengan maksimal, selain itu Anda juga mendapatkan produk terapi gelombang otak yang terjamin kualitas, mutu dan keamanannya.

Penelitian Gelombang Otak

Kami “Dewantara Brainwork” melakukan penelitian serta riset terhadap efek stimulasi yang diberikan terhadap pola gelombang otak manusia menggunakan Audio yang sudah disesuaikan dengan frekuensi tertentu, dalam hal ini audio yang kami gunakan bukanlah audio sembarangan melainkan audio terapi gelombang otak dan terapi musik.

Penelitian yang kami “Dewantara Brainwork” lakukan bersifat empiris, eksperimental, penelitian ulang, dan juga penelitian yang mengacu pada hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti sebelumnya, dan kemudian dilakukan pengembangan pengembangan di dalamnya seperti metode, alat atau pun media penelitian dll.

Nah untuk mempermudah Anda dalam memahami proses penelitian yang kami lakukan untuk menghasilkan sebuah produk terapi gelombang otak dan terapi musik. Kami akan mencoba menjelaskan bagaimana prosesnya secara singkat dan sederhana kepada Anda.

Pertama yang kami lakukan adalah mengumpulkan beberapa subyek / partisipan dalam penelitian pada sebuah ruangan kedap suara yang sudah dilengkapi dengan peralatan audio visual. Kemudian pada setiap partisipan kami pasangkan alat yang bernama EEG (Electroencephalograph) dan ECG (Electrocardiogram) untuk membantu proses pengamatan. Nah setelah semua alat sudah terpasang, selanjutnya pada setiap partisipan kami perdengarkan audio atau gelombang suara dengan frekuensi tertentu sesuai kebutuhan. Dan setelah itu barulah kami melakukan pengamatan terhadap reaksi atau respon dari tubuh dan otak terhadap stimulasi yang diberikan oleh gelombang suara atau audio tersebut.

gelombang otak

Dalam membantu menunjang proses pengamatan, seperti yang sudah kami jelaskan, kami menggunakan alat yang bernama ECG (Electrocardiogram) yang berfungsi untuk merekam serta mendeteksi sinyal listrik pada jantung manusia. Dan juga alat yang bernama EEG (Electroencephalograph) yang berfungsi untuk merekam serta mendeteksi gelombang otak atau pun kondisi mental subyek terhadap setiap respon dari stimulasi yang diberikan.

Perlu Anda pahami bahwa otak Anda terdiri atas milyaran sel saraf atau yang sering disebut dengan neuron, dan antara satu neuron dengan neuron yang lain dapat saling berhubungan atau bertukar informasi itu berkat adanya sinyal listrik yang dialirkan melalui medan listrik yang dihasilkan oleh setiap neuron pada otak. Dan kemudian sinyal listrik yang mengalir tersebut kemudian akan membentuk gelombang listrik, nah gelombang listrik inilah yang kemudian disebut dengan gelombang otak.

Nah frekuensi gelombang otak ini akan naik turun seiring dengan kondisi mental dan fisik manusia. Dan ketika keadaan frekuensi gelombang otak seseorang tidak stabil, maka kondisi ini akan mempengaruhi keadaan fisik dan mental orang tersebut, seperti kesehatan, kondisi pikiran dll.

Dalam proses pengukuran gelombang otak, kami menggunakan EEG yang dilengkapi dengan 16 channel electrode (sensor pengukur gelombang otak). Dan sebelum digunakan setiap electrode akan ditetesi menggunakan cairan khusus yang berfungsi agar electrode tersebut lebih sensitif, sehingga data yang diterima akan lebih valid. Nah selanjutnya electrode ditempelkan pada 16 titik di kulit kepala.

3D EEG

Perlu Anda ketahui setiap titik yang ditempeli dengan electrode biasanya mewakili suatu fungsi pikiran. Dan proses penentuan titik titik tersebut sudah sesuai dengan standar internasional dalam dunia neurotherapy dan neurologi. Nah yang paling penting proses pemasangan electrode tidak menyakitkan dan tidak perlu memangkas rambut sampai habis. Dan karena EEG yang kami gunakan merupakan edisi terbaru, jadi proses pemasangannya pun tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Agar Anda lebih memahami titik titik pemesangan electrode beserta fungsinya berikut adalah gambar titik pemasangan electrode.

Titik electrode EEGGambar Titik Titik Pemasangan Electrode

Setelah electrode terpasang, selanjutnya voltase yang diterima oleh electrode akan diteruskan pada alat EEG. Nah kemudian EEG akan merubah setiap sinyal yang diberikan oleh electrode menjadi data visual pada komputer. Selanjutnya barulah kita mengamati dan menganalisa frekuensi gelombang otak subyek. Dan seiring dengan perkembangan teknologi pola gelombang otak manusia tidak hanya divisualisasikan dalam bentuk grafik saja namun sekarang ini sudah bisa dilihat dalam bentuk 3d visual.

Namun walupun begitu tetap dibutuhkan keahlian khusus dalam bidang neurolgy dan neurotherapy untuk dapat membaca dan menganalisa hasil visual dari EEG. Dan berikut adalah gambar visual dari frekuensi gelombang otak yang sudah terekam menggunakan alat EEG yang kami gunakan.

riset terapi musik

gelombang otak

Contoh kasus seperti ini, jika titik Fp1 berada pada gelombang frekuensi Alpha (7-13Hz) sedangkan titik titik electrode yang lain berada pada gelombang beta (13-30Hz), maka bisa disimpulkan subyek sedang mengalami gangguan susah konsentrasi dan fokus. Bisa jadi dalam kehidupan sehari hari subyek mengalami kendala dalam menerima informasi informasi baru dan selalu terbengkalai ketika mengerjakan sesuatu.

Salah satu contoh kasus yang lain titik FZ berada pada gelombang Beta (13-30Hz) sedangkan titik yang lainnya berada pada frekuensi rendah, maka bisa dikatakan subyek sedang mengakses ingatan / memori, karena titik FZ berkaitan dengan fungsi memory dan daya ingat otak. Dan ketika frekuensi pada titik ini ditingkatkan, maka daya ingat orang tersebut akan meningkat.

Dan masih banyak lagi kondisi kondisi yang bisa kita amati dan juga analisa menggunakan alat EEG. Oya yang paling penting dengan adanya EEG yaitu kita dapat mengetahui segala jenis aktivitas otak tanpa harus melakukan pembedahan otak.

Atas hasil riset dan juga penelitian yang telah kami lakukan, ada beberapa kesimpulan yang ingin kami sampaikan berkaitan dengan efek stimulasi dari terapi musik dan terapi gelombang otak, yaitu:

  1. Kualitas pikiran seseorang dapat mempengaruhi kesuksesan serta kualitas hidup orang tersebut.
  2. Kinerja Otak yang maksimal dapat menghasilkan pikiran yang berkualitas.
  3. Terbukti Musik atau gelombang suara dapat menstimulasi otak agar dapat bekerja dengan optimal.
  4. Frekuensi gelombang otak sangat mempengaruhi kondisi mental seseorang, nah dengan merubah frekuensi gelombang otak, maka kondisi mental juga akan berubah.
  5. Aktifitas fisik ataupun mental sangat mempengaruhi kondisi frekuensi gelombang otak seseorang, semisal seseorang sedang berlari kencang maka frekuensi gelombang otaknya Beta, sedangkan seseorang yang sedang khusuk bermeditasi maka frekuensi gelombang otaknya berubah menjadi Theta.
  6. Frekuensi gelombang otak dapat diseting sesuai dengan kebutuhan, menggunakan berbagai jenis metode terapi gelombang otak, seperti benaural beats, monoural beats, atau isochronic.
  7. Stimulasi gelombang otak menggunakan musik dapat membantu mendorong proses penyembuhan penyakit fisik, gangguan mental/ psikologis, dan juga menjaga kebugaran tubuh.
  8. Stimulasi gelombang otak juga terbukti mendorong meningkatkan produksi hormon yang dibutuhkan untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh serta menjaga kesehatan tubuh.
  9. Selain itu Stimulasi gelombang otak juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga keseimbangan produksi hormon dalam tubuh.
  10. Terbukti dengan menggunakan terapi gelombang otak yang sudah dibekali dengan pesan subliminal, dapat meningkatkan serta mempercepat hasil terapi.
  11. Terapi Gelombang Otak terbukti aman digunakan oleh semua kalangan tanpa batasan usia, baik itu bayi, anak anak, remaja, dewasa, ataupun orang tua. Dan tidak menimbulkan efek samping apapun, jadi sangat aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

periksa-gelombang-otak