5 Jenis Olahraga Yang Bisa Menjaga Kebugaran Tubuh Anda

Cara Menjaga Kebugaran Tubuh – Olahraga sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh Anda. Dengan olahraga secara teratur Anda mampu menjaga kesehatan tubuh Anda. Menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga bukan hanya mendukung kekuatan tubuh Anda, tapi keceriaan jiwa Anda.

menjaga kebugaran dengan joggingFoto: Jogging salah satu olahraga yang bisa menjaga kebugaran tubuh

Ini sesuai pernyataan dari Joseps Addison, Penulis berkebangsaan Inggris. Beliau mengatakan bahwa “Latihan jasmani membangkitkan humor, melepaskannya ke dalam saluran yang tepat, menyingkirkan keberulangan, dan membantu alam dalam mendistribusikan hal-hal rahasasia yang membuat tubuh kita kuat, dan jiwa kita ceria.”

Apa Saja Jenis Olahraga Yang Bisa Menjaga Kebugaran Tubuh Anda?

Berikut ini adalah 5 jenis olahraga yang paling efektif untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

1. Berjalan

Jalan cepat adalah salah satu bentuk latihan jasmani yang paling sederhana dan paling alami.  Tingkat benturannya rendah dan tidak memerlukan peralatan khusus, dan Anda tidak perlu kursus untuk bisa melakukannya.

Berjalan membantu mengatur metabolisme dan produksi hormon dengan cara yang mempermudah dalam menjaga berat badan yang sehat, berjalan juga mempertajam memori.

2. Berlari

Anda tidak perlu bersepeda untuk mendapatkan manfaat bagi tubuh dan otak Anda, kecuali bila Anda ingin menjaga persendian Anda. Namun yang terbaik adalah berlari di atas rumput atau pasir atau di atas threadmill bukannya di atas konblok atau aspal.

3. Bersepeda

Mengayuh sepeda, baik sepeda statis maupun bergerak, juga merupaakn cara hebat untuk menjaga bentuk tubuh. Kayuhan pada sepeda stasioner menggunakan beberapa tingkatan resistensi untuk mewujudkan gerak badan yang intens dan terkonsentrasi.

Banyak orang merasakan bahwa musik pengiring yang dimainkan sewaktu mengayuh sepeda statis mempermudah mereka untuk terus mengayuh.

4. Menari

Menari merupakan gerak badan yang efektif dan menyeluruh. Penulis Jerman, Johann Paul Friedrich Richter (juga dikenal sebagai Jean Paul) menjelaskan, “latihan lain hanya mengembangkan satu kekuatan dan otot sekaligus.”

Dan penulis dan musisi Austria, Vicki Baum, mengemukakan, “Ada beberapa jalan pintas menuju kebahagiaan, dan menari adalah salah satunya.”

5. Berenang

Kondisi mengapung di air menjadikan berenang salah satu bentuk latihan dengan tingkat benturan yang rendah. Selain itu, air memberikan hambatan dua belas kali lebih dibanding udara, sehingga bergerak di dalam kolam renaang adalah cara yang efisien untuk mengkondisikan sistem kardiovaskular dan muskuloskeletal Anda.

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari empat puluh ribu orang yang berusia antara dua puluh dan sembilan puluh tahun, perenang memiliki peluang 10 persen lebih besar untuk tetap bersemangat di penghujung periode penelitian selama dua puluh tahun dibanding pejalan, pelari, atau orang-orang dengan gaya hidup yang banyak duduk.

Selain 5 jenis olahraga yang sudah dijelaskan diatas, Anda bisa menggabungkan olahraga dengan melakukan terapi. Terapi ini bernama “Dewantara Athletic Body Therapy”. Nah berikut ini penjelasan selengkapnya.

Terapi “Dewantara Athletic Body Therapy”

tubuh atletisDewantara Athletic Body Therapy juga berfungsi untuk menstimulasi otak agar tubuh dapat memproduksi asam amino dengan mandiri, dimana asam amino ini berfungsi untuk mencegah penyusutan otot, meningkatkan volume sel otot, serta membantu mempertahankan daya tahan tubuh.

Dewantara Athletic Body Therapy ini juga berfungsi untuk merangsang pelepasan hormon pertumbuhan. Sehingga impian untuk memiliki tubuh atletis dapat segera tercapai dengan menggunakan cara membentuk tubuh ateletis dari Dewantara Brainwork. Tak kalah penting terapi ini juga akan menciptakan pola kebiasaan positif agar tubuh Anda lebih sehat dan atletis.

Nah itulah penjelasan mengenai 5 jenis olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan Terapi “Dewantara Athletic Body Therapy”. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Info selengkapnya Anda bisa baca di Terapi “Dewantara Athletic Body Therapy”.