5 Cara Ampuh Menenangkan Bayi Yang Sering Menangis

Cara Menenangkan Bayi Menangis – Memiliki anak yang cerdas dan sehat merupakan kebanggaan bagi setiap orang tua. Tidak kecuali orang tua yang memiliki anak yang masih bayi, jika bayi tersebut sering rewel dan suka menangis, kita sebagai orang tua pasti merasa terganggu.

cara menenangkan bayi menangisFoto: ilustrasi seorang bayi yang sedang menangis

Bayi yang sering menangis pasti membuat Anda merasa panik dan gelisah, bahkan bisa saja mengalami stress jika bayinya tidak kunjung berhenti menangis. Bayi yang sering menangis pasti ada sebabnya, Anda sebagai orang tua harus tahu apa penyebab bayi Anda gampang menangis.

Bisa jadi penyebab bayi menangis karena lapar, bajunya basah karena ngompol, atau kondisi bayinya yang sedang sakit. Anda sebagai orang tua harus pandai-pandai merawat bayi, ketidakmampuan Anda dalam merawat bayi bisa menyebabkan bayi sering menangis dan rewel.

Bagaimana Cara Menenangkan Bayi Menangis ?

Menurut dr. Harvey Karp, seorang dokter anak dan spesialis perkembangan anak. Dia merupakan Asisten Profesor of Pediatrics di USC School of Medicine dan telah melakukan praktik selama lebih dari 25 tahun. Ia terkenal dengan teknik 5S-nya yang ampuh menghentikan tangisan bayi dalam 5 detik. Berikut ini 5 cara menenangkan bayi menagis.

1. Membedong

Menurut dr. Karp, teknik bedong ini menyebabkan bayi nyaman karena merasa hangat seperti saat berada di dalam rahim. Bedong bayi Anda dengan kain lembut, ini bisa mencegah tubuh mereka berkedut dan membantu mereka tertidur. Yang perlu diingat adalah bayi tidak boleh dibedong sepanjang hari, hanya selama rewel dan tidur.

2. Miringkan Posisi Bayi

Posisi terbaik yang dapat dilakukan ketika bayi rewel adalah posisikan bayi dalam keadaan miring, bertumpu pada perutnya, ini adalah posisi bayi di dalam kandungan. Karena di dalam rahim, bayi menghabiskan sebagian besar waktunya dalam posisi miring.

3. Berbisik “Sssstt..”

Membisikkan “Sssstt..” langsung ditelinga bayi akan membuat bayi Anda tenang. Anda bisa membisikkan dengan lembut dan tenang. Peneitian menyebutkan bahwa Jika bayi menangis keras, lakukan “Sssstt..” lebih  keras sehingga bayi  dapat mendengar Anda.

4. Mengayun

Untuk menenangkan bayi yang rewel dan sering menangis gunakanlah gerakan ayunan atau goyangan kecil dan lembut. Gerakan atau ayunan akan mengingatkan bayi Anda kembali ke hari-hari saat masih bergoyang-goyang di dalam perut Anda.

5. Mengisap

Mengisap atau menyusu merupakan teknik yang efektif untuk menenangkan bayi. Kebiasaan bayi mengisap yaitu dengan jari atau dot. Mengisap dot atau jari adalah relaksasi yang baik untuk bayi. Jika bayi menggunakan jari untuk menghisap ke mulut bayi, tentu saja harus dalam keadaan bersih.

Nah itulah 5 cara ampuh untuk menenangkan bayi menangis, jika cara diatas belum efektif membuat bayi berhenti menangis, tenang saja ada cara alami yaitu dengan melakukan terapi otak, terapi ini bekerja dengan menstimulasi gelombang otak bayi agar bayi dapat menangkap respon gelombang otak tersebut, berikut ini penjelasan mengenai terapi mengatasi bayi menangis.

Terapi Mengatasi Bayi Menangis

Kami Dewantara Brainwork telah menciptakan terapi gelombang otak untuk mengatasi kondisi psikologis anak, terutama bayi yang sering menangis. Terapi ini bernama “Dewantara Baby Silent” yang dirancang khusus oleh para ahli untuk mengatasi bayi yang sering menangis dan rewel.

cd terapi untuk menenangkan bayi menangisSehingga bayi Anda akan tenang ketika saat mau tidur atau setelah bangun tidur. Berikut ini beberapa manfaat yang umumnya dirasakan oleh para klien kami yang telah menggunakan Terapi Dewantara Baby Silent.

  • Menenangkan bayi yang sering menangis
  • Membuat bayi tidur lebih nyenyak
  • Membuat bayi lebih sehat
  • Menenangkan perasaan bayi
  • Membuat perasaan bayi lebih nyaman

Nah itulah cara menenangkan bayi menangis dan terapi mengatasi bayi menangis. Semoga informasi informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Info selengkapnya Anda bisa baca di Terapi Mengatasi Bayi Menangis.