Apa Itu Terapi Gelombang Otak “Brainwave Entrainment”?

Terapi Gelombang Otak atau Brainwave Entrainment merupakan cara merangsang atau menstimulasi otak dengan menggunakan Audio atau dengan kilatan cahaya, yang bertujuan untuk mengatur dan menyeimbangkan pola gelombang otak, sehingga otak dapat menghasilkan frekuensi atau gelombang otak tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Pola frekuensi gelombang otak yang dihasilkan oleh Brainwave Entrainment (Terapi Gelombang Otak) tidak hanya mempengaruhi keadaan psikis atau mental Anda, seperti kebahagiaan, sedih, gembira, kreativitas, cemas, stress, depresi, dll. Lebih dari itu Brainwave Entarinment juga dapat mempengaruhi keadaan fisik Anda, Seperti menambah tinggi badan, mengurangi berat badan, dan menyembuhkan berbagi jenis penyakit medis maupun non medis.

Entrainment pertama kali diperkenalkan ke publik yaitu sekitar tahun 1665 oleh seorang ilmuan berdarah belanda bernama Christian Huygens. Penemuan Christian Huygens berawal dari pengamatannya terhadap bandul jam kuno yang ada pada ruang kerjanya, dimana gerakan bandul jam itu selalu selaras dalam bergerak, padahal awalnya bandul jam tersebut  digerakkan dalam waktu yg berbeda.

Berawal dari pengamatan-Nya tersebut, kemudian membuat Christian Huygens semakin penasaran untuk terus mengulang percobaanya. Namun ternyata dalam beberapa kali percobaanya tersebut, hasil yang didapatkan tetap sama, yaitu walaupun bandul jam digerakkan dengan jeda waktu yang cukup lama, pada akhirnya bandul jam tersebut tetap kembali bergerak dengan selarasan dan seirama dengan sendirinya. Atas hasil tersebut kemudian Christian Huygens menyebut fenomena tersebut dengan sebutan “Entrainment”.

Sedangkan Brainwave Entrainment pertama kali diperkenalkan oleh seorang ilmuan berkebangsaan Jerman pada tahun 1839 yang bernama Heinrich Wilhelm Dove, dengan hasil penemuannya yaitu metode terapi gelombang otak Benaural Beats.